1. Cara yang tepat untuk menyampaikan pendapat dalam
musyawarah adalah … .
a. dengan suara keras c. bernada lembut
b. sopan dan pelan-pelan d. jelas dan sopan
a. dengan suara keras c. bernada lembut
b. sopan dan pelan-pelan d. jelas dan sopan
2. Dalam melaksanakan musyawarah harus mengutamakan
kepentingan … .
a. kelompok c. bersama
b. pribadi d. organisasi
a. kelompok c. bersama
b. pribadi d. organisasi
3. Yang merupakan asas dalam bermusyawarah adalah … .
a. Sosial c. persaudaraan
a. Sosial c. persaudaraan
b. politik d.
kekeluargaan
4. Dalam pemilihan ketua kelas dilaksanakan secara
musyawarah hal itu mencerminkan pelaksanaan Pancasila, terutama sila … .
a. I c. III
a. I c. III
b. II d.
IV
5. Tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari merupakan
wujud pelaksanaan Pancasila khususnya sila yang berbunyi …
a. Ketuhunan Yang Maha Esa c. Kemanusiaan yang adil dan beradab
b. Persatuan Indonesia d. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
a. Ketuhunan Yang Maha Esa c. Kemanusiaan yang adil dan beradab
b. Persatuan Indonesia d. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
6. Pendapat setiap orang harus kita hargai karena bangsa
kita menjujung tinggi persamaan … .
a. hak c. derajat
a. hak c. derajat
b. kewajiban d.
kedudukan
7. Sikap ketulusan menerima hasil musyawarah dimulai
sejak … .
a. kecil c. SD
a. kecil c. SD
b. TK
d.
SMP
8. Ani tidak mudah marah ketika diganggu teman-temannya.
Berarti Ani mempunyai sikap … .
a. rendah hati c. menghargai orang lain
a. rendah hati c. menghargai orang lain
b. masa bodoh d.
pengendalian diri
9. Contoh perilaku yang menggambarkan semangat persatuan
dan kesatuan adalah … .
a. Bermain bersama dengan rukun tanpa membeda-bedakan asal usul teman.
b. Bergaul dengan teman seagama saja.
c. Memasuki suku lain karena dianggap menyaingi.
d. Memandang rendah kebudayaan daerah lain.
a. Bermain bersama dengan rukun tanpa membeda-bedakan asal usul teman.
b. Bergaul dengan teman seagama saja.
c. Memasuki suku lain karena dianggap menyaingi.
d. Memandang rendah kebudayaan daerah lain.
10. Berikut ini merupakan semangat dan nilai juang dalam
proses perumusan Pancasila, kecuali … .
a. sikap persatuan dan kesatuan c. mendahulukan kepentingan umum
b. keberagaman d. mendahulukan kepentingan golongan
a. sikap persatuan dan kesatuan c. mendahulukan kepentingan umum
b. keberagaman d. mendahulukan kepentingan golongan
11. Perilaku warga negara dalam kehidupan sehari-hari
harus berpedoman kepada Pancasila karena Pancasila, sebagai … .
a. semboyan bangsa c. lambang negara
b. pedoman hidup bangsa d. kepribadian bangsa
a. semboyan bangsa c. lambang negara
b. pedoman hidup bangsa d. kepribadian bangsa
12. menerima hasil keputusan bersama, adalah pengamalan
sila… .
a. pertama c. ketiga
b. kedua d. keempat
a. pertama c. ketiga
b. kedua d. keempat
13. Perilaku yang menunjukkan penerapan nilai sila ketiga adalah … .
a. Kerja bakti membersihkan teras rumah c. menjadi relawan korban bencana gempa bumi
b. tolong menolong mengerjakan ulangan d. gotong-royong membuat pagar rumah
a. Kerja bakti membersihkan teras rumah c. menjadi relawan korban bencana gempa bumi
b. tolong menolong mengerjakan ulangan d. gotong-royong membuat pagar rumah
14. Contoh sikap yang memperjuangkan Hak Asasi Manusia
adalah … .
a. menghargai pendapat orang lain c. memperbudak orang lain
b. memaksakan kehendak pada orang lain d. merendahkan hak dan martabat orang lain
a. menghargai pendapat orang lain c. memperbudak orang lain
b. memaksakan kehendak pada orang lain d. merendahkan hak dan martabat orang lain
15. Tugas menjaga keamanan negara demi kepentingan
bersama merupakan kewajiban bagi … .
a. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia c. Aparat negara Indonesia
b. Semua warga negara Indonesia d. Pertahanan sipil
a. Angkatan Bersenjata Republik Indonesia c. Aparat negara Indonesia
b. Semua warga negara Indonesia d. Pertahanan sipil
16. Taat tehadap Tuhan yang Maha Esa harus ditunjukan
dengan ……….
a. Mendengarkan semua perintah dan menjauhi larangan Nya
b. Melaksanakan semua perintah dengan rasa takut
c. Melaksanakan semua perintah karena dimarahi orang tua
d. Melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Nya dengan Ikhlas
a. Mendengarkan semua perintah dan menjauhi larangan Nya
b. Melaksanakan semua perintah dengan rasa takut
c. Melaksanakan semua perintah karena dimarahi orang tua
d. Melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Nya dengan Ikhlas
17. Pengamalan yang sesuai dengan sila ke lima adalah …….
a. Masuk menjadi penjaga perdamaian c. Berlaku adil kepada adik
b. Menangguhkan Ibadah sampai tiba di tujuan d. Menjadi anggota koperasi.
18. Taat terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dapat diwujudkan dengan sikap …
a. Menciptakan Hubungan baik dengan Tuhan
b. Menciptakan hubungan baik dengan sesama manusia
c. Mempelajari ajaran – ajaran agama
d. Menciptakan Hubungan baik dengan Tuhan dan sesama manusia
a. Masuk menjadi penjaga perdamaian c. Berlaku adil kepada adik
b. Menangguhkan Ibadah sampai tiba di tujuan d. Menjadi anggota koperasi.
18. Taat terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dapat diwujudkan dengan sikap …
a. Menciptakan Hubungan baik dengan Tuhan
b. Menciptakan hubungan baik dengan sesama manusia
c. Mempelajari ajaran – ajaran agama
d. Menciptakan Hubungan baik dengan Tuhan dan sesama manusia
19. Kesalahan dalam melakukan ibadah dapat dilakukan oleh
orang yang …………
a. Malas c. Tidak berilmu
b. Tidak taat d. Bodoh
a. Malas c. Tidak berilmu
b. Tidak taat d. Bodoh
20. Mengasihi anak yatim dan membantu korban bencana alam
termasuk perbuatan yang
….
a. Patut dibanggakan c. Patut mendapat pujian
b. Mulia d. Baik dan berpahala
a. Patut dibanggakan c. Patut mendapat pujian
b. Mulia d. Baik dan berpahala
21. Kewajiban utama seorang Pelajar ialah ……….
a. Membayar uang sekolah c. Membeli buku pelajaran
b. Belajar d. Mengerjakan PR
a. Membayar uang sekolah c. Membeli buku pelajaran
b. Belajar d. Mengerjakan PR
22. Pak Hardi, tidak dapat ikut kerja bakti karena beliau sakit, tindakan Pak Hardi yang tepat adalah ………..
a. Diam saja karena dia sedang sakit c. Minta maaf dan menyediakan makanan kecil
b. Minta maaf kepada Pak RT d. Membersihkan lingkungan sendiri
23. Hak dan Kewajiban harus dijalankan secara …………
a. Berbeda c. Seimbang
b. Didahulukan d. Diperoleh
24. Adi meminjam penggaris dari Ida, tampa sengaja
pengaris tersebut patah, tindakan Adi yang tepat adalah ………..
a. Mengembalikan Penggaris dengan segera
b. Minta maaf dan mengembalikan penggaris yang patah itu
c. Mengganti kan dengan penggaris baru
d. Minta maaf dan menggantinya dengan penggaris baru
a. Mengembalikan Penggaris dengan segera
b. Minta maaf dan mengembalikan penggaris yang patah itu
c. Mengganti kan dengan penggaris baru
d. Minta maaf dan menggantinya dengan penggaris baru
25. Ketika berkunjung ke rumah Paman Broto, Budi
dan adiknya menemui pot bunga pecah, bunga dan tanahnya berserakan, tindakan Budi
yang tepat adalah ………
a. Menyuruh Adik membersihkannya c. Membereskannya dan memberi tahu Paman
b. Memberi tahu Paman secepatnya d. Memindahkan ketempat lain.
a. Menyuruh Adik membersihkannya c. Membereskannya dan memberi tahu Paman
b. Memberi tahu Paman secepatnya d. Memindahkan ketempat lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar